Tehnik Rahasia SEO Website dari Para Mastah SEO Blogspot dan WordPress

By | January 28, 2019

Teknik Rahasia SEO Website dari Para Mastah SEO di Blogspot dan WordPress yang wajib Sobat Ketahui

Belajar Seo GOOGLE Di RWP Grup burhanrengas

Belajar Seo GOOGLE Di RWP Grup – Kelas Belajar Seo Google Di Rwp Grup online dan Offline

Apa itu SEO?

SEO adalah teknik Optimasi website atau blog yang harus anda kuasai dan aplikasikan sebagai pemilik website untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari (google search).

Tapi pemula (newbie) biasanya takut dengan SEO , Ini karena mereka akan menemui istilah-istilah baru dan teknik-teknik yang tidak diajarkan di sekolahan maupun waktu kuliah jurusan tehnik komputer. Akibatnya beberapa bahkan banyak orang menganggap SEO adalah barang aneh dan menyeramkan.

SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha yang dilakukan pemilik website atau blog untuk mengoptimasi websitenya agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian (mesin pencari).

Mesin pencari (google search engine) menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan rangking.

Algoritma Google

Algoritma google yg sudah berlaku dan masih berlaku saat ini yaitu :

1. Panda

Dirilis pada tanggal 24 Februari 2011, fokus utama dari update algoritma satu ini adalah soal duplikasi/ plagiat, tipisnya konten, spam yang user-generated, dan keyword stuffing.

Panda dilengkapi dengan apa yang disebut sebagai “quality score” (angka mutu) bagi halaman website/ page. Skor ini kemudian digunakan sebagai faktor peringkat pada mesin penelusur Google. Awalnya, Panda merupakan filter, bukan satu bagian dari peringkat Google itu sendiri.

Namun pada Januari 2016, Panda ini secara resmi dimasukkan ke dalam algoritma inti. Bergulirnya Panda menjadi makin sering, kemudian menjadi faktor penalti dari Google terhadap website Anda.

2. Penguin

Dirilis pada tanggal 24 April 2012, fokus utama dari update algoritma satu ini adalah soal link yang tidak relevan/ bersifat spam dan anchor text yang terlalu teroptimasi tautannya dianggap manipulatif. Sejak akhir tahun 2016, Penguin telah menjadi bagian dari algoritma inti Google. Tak seperti algoritma Panda yang dirilis sebelumnya, Penguin bekerja secara real time/ langsung.

3. Hummingbird

Dirilis pada tanggal 22 Agustus 2013, fokus utama dari update algoritma satu ini adalah soal keyword stuffing dan konten yang berkualitas rendah.

Hummingbird membantu Google menginterpretasikan kueri penelusuran dengan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Selain itu, Hummingbird juga bisa memberikan hasil yang lebih sesuai dengan maksud penelusur (Anda para pengguna mesin telusur Google). Meskipun keyword/ kata kunci tetap merupakan hal penting, Hummingbird memungkinkan halaman untuk menentukan peringkat kuerinya walaupun keyword tidak berisi kata-kata yang tepat (yang dimasukkan/ diketikkan oleh penelusur). Ini dicapai dengan bantuan pemrosesan bahasa alami yang bergantung pada pengindeksan semantik laten, bergantung pada kesadaran istilah yang mirip-mirip, serta sinonim.

4. Pigeon

Dirilis pada tanggal 24 Juli 2014, fokus utama dari update algoritma satu ini adalah soal kualitas on-page dan off-page yang kurang teroptimasi (SEO).

Pigeon memengaruhi penelusuran di mana lokasi pengguna memainkan bagian besar dan penting. Pembaruan ini menciptakan hubungan yang lebih erat antara algoritma lokal dan algoritme inti. Jadi, faktor SEO tradisional sekarang digunakan untuk memberi peringkat hasil secara lokal.

5. Mobile

Dirilis pada tanggal 21 April 2015, fokus utama dari update algoritma satu ini adalah soal akesbilitas website/ page pada perangkat mobile dan tidak adanya versi mobile.

Pembaruan Google Mobile (alias Mobilegeddon) memastikan bahwa web page yang ramah seluler/ mobile-friendly berperingkat di bagian atas dalam penelusuran dari perangkat seluler. Sementara itu,web page yang tidak dioptimalkan untuk seluler difilter/disingkirkan ke halaman berikutnya dari SERPs, bahkan ke peringkat paling bawah yang membuat peluang halaman Anda diakses pengguna menjadi kecil bahkan hampir mustahil.

6. RankBrain

Dirilis pada tanggal 26 Oktober 2015, fokus utama dari update algoritma satu ini adalah soal kekurangan fitur pendukung query yang spesifik, konten yang dangkal dan user experience (UX) yang buruk.

RankBrain adalah bagian dari algoritma Hummingbird Google. RankBrain ini merupakan sistem pembelajaran mesin yang membantu Google memahami makna di balik kueri, dan menyajikan hasil pencarian yang paling sesuai untuk menjawab pertanyaan tersebut. Google menganggap RankBrain sebagai faktor peringkat paling penting.

7. Possum

Dirilis pada tanggal 1 September 2016, fokus utama dari update algoritma satu ini adalah soal penempatan kompetisi sesuai dengan lokasi lebih spesifik yang ditargetkan.

Pembaruan Possum membuat hasil lokal bervariasi lebih banyak tergantung pada lokasi dari si penelusur. Jika semakin dekat Anda dengan alamat bisnis, maka semakin besar kemungkinan Anda melihatnya di antara hasil lokal yang muncul pada Google. Possum juga menghasilkan variasi yang lebih besar di antara hasil peringkat untuk pertanyaan yang sangat mirip. Jadi, Anda sekarang bisa mendapat hasil relevan dari pencarian semacam “rumah sakit jantung” dan hasilnya akan memunculkan “rumah sakit jantung Jakarta” atau bahkan “rumah sakit jantung Jakarta Pusat”.

8. Fred

Dirilis pada tanggal 8 Maret 2017, fokus utama dari update algoritma satu ini adalah soal ketipisan konten, dan affiliate yang terlalu banyak atau terlalu terpusat pada iklan.

Fred menargetkan website yang melanggar pedoman Webmaster dari Google. Sebagian besar website yang kena dampak adalah blog dengan posting berkualitas rendah yang tampaknya sebagian besar dibuat hanya untuk tujuan menghasilkan pendapatan iklan.

Sobat bisa baca Bahasan Lengkap Algoritma google ini di : 7 Algoritma Google dan Update Terbaru 2018

Mengapa SEO penting untuk website Anda?

Sejak adanya mesin pencari seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online melalui search engine.

meski sebenarnya masih ada bing,yahoo dan msn.namun google search yg paling diminati dan banyak penggunanya.

Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%.

Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20% dari total pencarian dari seluruh dunia.

Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website anda, dengan tehnik SEO anda bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari di blog/website anda.

Dengan Catatan Optimasi SEO secara menyeluruh dari mulai riset keyword,seo onpage,seo offpage,internal link,eksternal link,dan Backlink berkualitas berauthority tinggi.

Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus akan informasi dan ingin membeli produk. Kalau anda memiliki sebuah bisnis online, pengunjung dari mesin pencari akan memiliki tingkat konversi (conversion rate) terbesar.

Menurut beberapa Pakar SEO termasuk Mas Darmawan pemilik blog PanduamIM , SEO merupakan bagian dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di era digital.

Pemasaran dengan tehnik inbound Marketing, termasuk SEO merupakan metode marketing dengan biaya terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional.

Apakah anda memiliki website dan membutuhkan banyak pengunjung dalam jangka panjang?

Kalau iya, anda wajib tahu dasar SEO.

Sobat bisa mulai baca panduan gratis tentang SEO Website dari blog ini,anda akan belajar SEO untuk pemula. Dari nol.

Anda yang saat ini sama sekali belum memahami sedikitpun tentang SEO,akan mengerti bagaimana cara mengaplikasikannya untuk website anda. Sedangkan kalau anda sudah mengerti sekilas, anda akan bisa mendalami SEO.

Semua ini dalam hitungan jam.

Mengapa SEO? dan Mengapa mesin pencari?

Ketika membutuhkan informasi dari internet, entah itu informasi,berita,cari software,cari peluang bisnis,cari produk,apa yang anda gunakan untuk mencari informasi tersebut?

– Google?

– Bing?

– Facebook?

– Instagram?

Pastinya Anda akan memcari di Google atau bing kan !!

Kedua website tersebut adalah mesin pencari atau search engine.

Bukan hanya anda yang menggunakan kedua website tersebut.

Tapi juga ratusan juta orang Indonesia dan milyaran orang dari berbagai penjuru dunia. Semuanya mencari informasi menggunakan mesin pencari.

Itulah sebabnya mesin pencari mampu mendatangkan banyak orang ke website anda.

Masih ada lagi…

Mesin pencari mengirimkan pengunjung dengan kualitas tinggi. Kalau anda menjual produk/jasa di website, maka orang-orang dari mesin pencari lah yang kemungkinan besar akan membeli.

Bahkan kualitas traffic-nya merupakan yang terbesar kedua (setelah email).

Jadi kesimpulannya, anda harus belajar SEO karena:

  1. Traffic/Jumlah pengunjung dari mesin pencari merupakan yang terbanyak
  2. Kualitas pengunjung dari mesin pencari merupakan yang terbaik nomor 2
  3. Kemudahan pengoperasian mesin pencari tsb dg hanya mengetikkan beberapa kata kunci lalu mesin pencari akan menampilkan related kata yg sesuai dg yg di ketikkan.

Apakah saya harus paham SEO?

tidak harus.

Nah lho bingungkan…

Diatas Saya menuliskan bahwa Anda sebagai pemilik website atau blog harus mampu melakukan tehnik SEO di website atau blog sementara di pertanyaan : “apakah saya harus paham SEO?” Saya jawab “tidak harus”. Piye mas bro Burhan ???…

Memang di awal bahasan inj saya mewajibkan semua pemilik website mengaplikasikan SEO karena sedemikian dahsyatnya.

Pun Para Pakar, Para Ahli dan Mastah SEO mengharuskan untuk setiap wbesite dan blog di Optimasi SEO nya dgn tujuan mendapatkan peringkat dan keterlihatan di mesin pencari google.

Tapi tidak semua website atau blog membutuhkan SEO.

Ada beberapa jenis website/blog yang justru tidak efektif jika memanfaatkan SEO sebagai strategi utamanya.

Begini maksudnya…

Mesin pencari Google atau bing dan lainnya, menampilkan daftar website sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh manusia. Artinya, anda hanya akan mendapatkan pengunjung di website Anda apabila kata kunci yang anda inginkan atau tersemat di website/ Anda juga diinginkan oleh orang lain (si penelusur).

Khususnya keyword atau kata kunci yg mengandung nama produk,peluang usaha,software,buku,fashion dan lainnya yg masih berkaitan dgn produk kebutuhan manusia.

Namun tdk kepada jenis website ini:

  • Humor/hiburan
  • Blog personal
  • Cerita fiksi

Sangat jarang…atau bahkan tidak ada yang mencari konten dari 3 jenis website seperti di atas lewat mesin pencari.

Maka dari itu strategi pemasaran utama yg mereka terapkan bukanlah SEO, melainkan social media marketing di Facebook dan Instagram misalnya…atau iklan berbayar, atau yang lainnya.

Sekali lagi, ingat:

Kalau jenis website anda memang yang tidak pernah (termasuk dlm 3 jenis website diatas) dicari lewat mesin pencari, maka anda tidak perlu menguasai SEO.

Sebaliknya,

Anda perlu belajar SEO dan mengaplikasikannya ke website yang termasuk di bawah ini :

  1. Blogger profesional ( blog monetize)
  2. Pemilik website bisnis
  3. Affiliate & CPA marketer
  4. Pemilik toko online
  5. Pengembang software berbasis web
  6. Profesional yang memanfaatkan website untuk membangun reputasi dan Networking
  7. Profesional yang memiliki portfolio online
  8. Penjual produk/jasa lewat internet
  9. Pengusaha yang ingin melakukan pemasaran secara online
  10. Penjual Toko Offline yg ingin memasarkan produknya via internet
  11. Pemilik Yayasan Yatim Duafa dan sejenis yg ingin mendapatkan Donasi dgn publikasi Online.

Mereka yang termasuk kategori di atas ini harus mengerti SEO…

…minimal dasar-dasarnya.

Alasannya karena calon customer, pelanggan, dan pengguna mereka banyak yang menggunakan mesin pencari. Teknik SEO bisa menjadi faktor utama dalam kesuksesannya.

Apakah anda termasuk dalam 10 kategori di atas?

Bisakah Website saya sukses tanpa SEO?

Bisa!

Dengan memperhatikan konsep dasar SEO dibawah ini :

  1. Keunikan dan Originalitas Konten yang disajikan
  2. Struktur dan navigasi yg baik
  3. Kepuasan pengguna (User Experience/UX)
  4. Popularitas

Anda sebenarnya sudah tidak perlu pusing memikirkan SEO lagi. Tidak jarang orang yang memiliki website yang populer tanpa mengerti SEO sedikitpun.

Ini karena mesin pencari saat ini sudah pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website.

SEO saat ini dalam prakteknya lebih dominan sebagai usaha marketing daripada teknikal.

Tapi..

Ada kemungkinan website anda masih butuh sedikit usaha lagi untuk bisa berhasil bertengger di halaman pencarian. Selain itu dengan mengetahui teknik SEO anda mengerti bagaimana membuat website yang benar dan sukses mendatangkan pengunjung yg berpotensi membeli produk Anda di Web ( Toko Online) Anda.

Apakah SEO bisa saya lakukan sendiri?

Ada banyak Pakar SEO dan Ahli SEO atau perusahaan Jasa Optimasi SEO yang menawarkan Jasa SEO , tapi sesungguhnya SEO juga bisa anda lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa seorang Pakar dan Ahli SEO maupun oleh Perusahaan Jasa SEO.

Dengan adanya berbagai Panduan SEO yang disediakan secara gratis di internet (termasuk panduan ini), anda bisa belajar otodidak dan mengaplikasikannya di website dan blog Anda Sendiri.

Anda bisa menghemat jutaan rupiah dengan melakukan Optimasi SEO Website sendiri,tanpa bantuan orang atau pihak ketiga.

Untuk website bersifat informasi (masuk dlm jenis blog personal) yang strukturnya sederhana, anda kemungkinan besar tidak perlu menggunakan Optimasi SEO ataupun Jasa SEO,Namun Cukup mengandalkan panduan SEO gratis di internet diantaranya blog :

  • Maxmanroe
  • PanduanIM
  • Strukturkode
  • Rohadiright.com
  • Dll…

Akan Tetapi…

Jika Website anda punya struktur yang rumit misalkan toko online atau web-app, ada kemungkinan anda membutuhkan jasa SEO untuk mengoptimasi dan menyederhanakan struktur website agar ramah terhadap mesin pencari.

Apa saja yang harus saya pelajari?

Ada beberapa komponen utama dalam SEO, komponen-komponen inilah yang perlu anda pelajari untuk menguasai SEO.

  1. Optimasi halaman website
  2. Riset kata kunci (Keyword research)
  3. Analisa Kompetitor
  4. Membuat konten yang teroptimasi
  5. Membangun popularitas, link, Backlink dan reputasi
  6. Melakukan audit terhadap performa SEO

Belajar SEO untuk Pemula

Keenam inti diatas bisa anda pelajari melalui Artikel :

Dalam Panduan belajar SEO ini terdiri dari tujuh bab yang berisi esensi dari SEO yang akan terus berlaku seumur hidup.

Di mulai dari bab 1 yg membahas tentang :

  1. Konsep Dasar SEO
  2. On Page SEO
  3. Riset Kata Kunci
  4. Content Marketing
  5. Off Page SEO
  6. Link Building
  7. Menilai Kinerja SEO

Lalu apa yg dibahas dalam 7 bab tersebut mari kita bahas satu persatu :

1. Konsep Dasar SEO

Google dan mesin pencari lain (bing,yahoo,msn,baidu) adalah sebuah produk. Mereka (sang empunya google dan lainnya) ingin supaya para pengguna mesin pencari tersebut puas menggunakan layanan mereka.

Pengguna mesin pencari (search engine) menginginkan supaya website terbaik yang relevan dengan pencarian mereka muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.

Jadi inti dari SEO adalah menjadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan.

Jadi yang terbaik,Tapi dalam segi apa?

Berikut apa saja yg termasuk Komponen Konsep Dasar SEO>>

2. On Page SEO

On-page SEO adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda di mesin pencarian.

Kegiatan Optimasi di lakukan di dalam website Anda sendiri.Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar-benar memiliki kualitas terbaik.

Jadi kuncinya 2 hal:

– Relevansi

– kualitas konten.

Tanpa memenuhi kedua unsur tsb, sangat mustahil bisa mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari.

bagian-bagian mana saja dalam website anda harus menerapkan Optimasi OnPage SEO>>

3. Riset Kata Kunci

1. Riset keyword/kata kunci menggunakan Google Keyword Planner

Tool favorit saya dalam melakukan riset kata kunci adalah GKP atau Google Keyword Planner. Alasannya, karena gratis dan fiturnya lengkap. Selain itu, karena milik Google sendiri tentunya lebih akurat.

 

Untuk melakukan riset kata kunci caranya cukup mudah:

  1. Masukkan keyword, anda bisa masukkan lebih dari satu. Untuk memasukkan lebih dari satu kata kunci gunakan koma atau line break
  2. Atur negara target
  3. Pilih bahasa
  4. Klik ‘get ideas’

2. Mencari kata kunci dengan persaingan rendah

Dalam melakukan riset kata kunci, biasanya kita sebagai pemilik website baru akan mengincar kata kunci/keyword yang persaingannya rendah. Ini karena website baru biasanya belum memiliki “pondasi” yang kuat sehingga akan kalah kalau bersaingan dengan website besar.

3. Long tail keyword

Satu lagi yang perlu anda kenal mengenai riset keyword yaitu long tail keyword atau kata kunci berekor panjang.

Selain kata kunci yang anda cari, GKP juga menampilkan jumlah pencarian dari kata kunci sejenis. Misalnya kata kunci “baju baru” juga ada yang lain seperti jual beli baju, beli baju online, jual beli baju online, dan lain-lain.

Dari sini, kalau kita mengoptimasi website untuk keyword beli baju, maka hanya ada sedikit pencarian. Tapi kalau kita mengoptimasi untuk beli baju online maka total pencariannya akan bertambah 2x lipat.

Long tail keyword ini cocok untuk website berbentuk toko online (e-commerce) atau website yang dimonetisasi dengan produk afiliasi, long tail keyword biasanya memberikan conversion rate lebih besar daripada keyword biasa. Ini karena orang yang menggunakan long tail biasanya niat membelinya lebih tinggi.

Sebagai contoh, orang yang mencari “baju biru” dengan “beli baju biru”. Yang pertama biasanya hanya ingin mencari informasi, sementara yang kedua terlihat niatnya ingin membeli. Lebih lanjut tentang Riset dan Mencari Kata Kunci dgn Persaingan Terendah>>

4. Content Marketing

SEO dan konten marketing saat ini seperti dua sisi dalam sebuah koin.

Kalau dulu, kesalahan yang sering terjadi seorang content marketer tidak memperhatikan SEO. Demikian pula sebaliknya, seorang praktisi SEO tidak memperhatikan konten.

Kedua pihak sama-sama menganggap percuma dan gak penting.

Akibatnya, proses pengembangan website tidak berjalan maksimal.

Strategi konten marketing yang tepat dan dibantu optimasi mesin pencari adalah kunci sukses dari sebuah website dan bisnis online anda.

Bahkan, hampir semua bentuk pemasaran online yang mengandalkan SEO akan bergantung dengan konten.Lalu Apa itu Content Marketing>>

5. Off Page SEO

Off-Page SEO pada prakteknya adalah Membangun Link dan Popularitas.Off-page SEO adalah usaha-usaha optimasi mesin pencari dari luar website.

Mengoptimasi dari dalam website atau On-page SEO saja seringkali tidak cukup untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di hasil pencarian. Terutama untuk website baru yang belum punya audience, kecuali jika persaingan kata kuncinya cukup rendah.

Mengapa backlink sangat penting?

Untuk memahami betapa pentingnya off-page SEO sebuah website, saya akan menjelaskan sedikit mengenai hubungan antara search engine dan link.

Mesin pencari seperti Google memiliki sebuah bot yang bertugas untuk melakukan crawling di internet. Crawler milik Google namanya Googlebot

Googlebot bergerak dari website ke website melalui link yang tercantum di setiap halaman website. Dari data yang dikumpulkan oleh Googlebot, disusunlah index dan urutan peringkat website.

Karena Googlebot menggunakan link sebagai navigasinya, maka website yang memiliki link dari luar akan mendapat prioritas yang tinggi. Semakin banyak dan semakin tinggi kualitas linknya, maka semakin baik pula peringkat website tersebut.

Inilah mengapa link dari website lain (backlink) memegang peranan penting dalam SEO.Strategi link building yang salah dalam rangka Optimasi Off Page SEO>>

6. Link Building

Link building adalah cara untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website anda.

Kalau anda ingin mendapatkan banyak pengunjung di website Anda, maka Website Blog Anda harus menempati posisi teratas di hasil pencarian google. Supaya bisa mendapatkan rangking yang baik maka anda membutuhkan backlink yg bagus dan relevan.

Karena backlink merupakan salah satu faktor utama dalam SEO.

Tapi tidak semudah itu untuk mendapatkan Backlink yg bagus dan berkualitas serta ada relevansinya dgn website yg kita miliki.

Saat ini Om Google dan mesin pencari lain menjadi sangat ketat dalam seleksi backlink.

Jadi tidak semua backlink yg kita peroleh bisa memberikan efek positif bagi website anda.

Backlink yang didapat secara sembarangan tidak akan memberikan manfaat positif bagi website Anda, bahkan dalam jangka panjang bisa membahayakan.

Ingat 2 konsep ini : 

Natural dan berkualitas.

Kedua faktor inilah yang akan menentukan efek positif dari pondasi backlink yang anda bangun di website. Untuk mendapatkan backlink seperti ini anda membutuhkan teknik khusus.

Teknik inilah yang akan anda pelajari sekarang dalam Tehnik Link Building>>

7. Menilai Kinerja Optimasi SEO Website

SEO adalah proses yang berkelanjutan. Anda sebagai pemilik website harus terus mengamati kinerjanya di website Anda sambil melakukan usaha-usaha untuk memaksimalkan SEO.

Jadi salah jika ada yg menganggap melakukan Optimasi SEO Website cukup sekali saja seumur hidup.

Tapi Untuk bisa melakukan optimasi, anda harus tahu apa saja yang terjadi di website anda…

…Seperti apa angka yang muncul, apakah terjadi kenaikan atau penurunan performa.

Tanpa mengetahui angka-angka yang relevan, kita sama sekali tidak akan tahu apa yang perlu dibenahi dan apa yang sudah baik.

Maka dari itu, ikuti panduan ini agar anda bisa selalu mendapatkan kinerja SEO yang maksimal.

Hal-hal yang sudah harus anda ketahui (dan lakukan):

Karena penilaian kerja SEO merupakan proses terakhir dalam Tehnik Optimasi SEO, Maka anda harus sudah terlebih dahulu melakukan ini:

  1. On-page SEO: Optimasi halaman website
  2. Off-page SEO: Membangun link dan popularitas
  3. Prinsip content marketing dalam SEO

3 panduan di atas adalah bab-bab sebelumnya dalam seri Panduan SEO ini.

Setelah itu barulah anda siap ke langkah Mengukur kinerja SEO >>

Namun bagi Anda yg masih bingung untuk melakukan Tehnik SEO yg dijabarkan diatas atau baru mau membuat website atau blog.

Maka ada baiknya Anda baca info dibawah ini :

Info Bimbel Bisnis Online dari RWPgrup

Apa itu RWPgrup dan Bimbel Bisnis Online RWP ?

RWPgrup dengan Davit Putra sebagai Owner Pusat Pelatihan Bisnis dan Usaha Online Terbaik yang sudah tersertifikasi Legal
“Dengan Visi Misi ,Bagaimana Membentuk 1 Juta Lapangan Kerja dari Bisnis RWP Grup??” ,
RWPgrup akan membentuk Jaringan Pengusaha Online Seluruh Indonesia-dibawah Bendera “RWP Grup”.
Member RWP akan dibina jadi Pengusaha Online Sukses dg target bisa membuka Lapangan Kerja untuk 3 orang.
Jika masing-masing ownernya membuka 3 lapangan kerja, maka ada 4 orang yg sudah bekerja di usaha member RWP tsb (owner + 3 karyawan).
Jika dikalikan 250.000 orang member RWP sukses, maka akan terbuka 1 Juta lapangan kerja Insya Allah (4 x 250.000 orang).
Jadi Keberhasilan Sobat akan menjadi tujuan RWP Grup agar tercipta 1 Juta Lapangan Kerja.

Cabang RWP Grup sedang dipersiapkan pada puluhan Kota di seluruh Indonesia untuk mendukung target kita semua…!

Alur Belajar di RWP Sampai Website/Blog Anda Menghasilkan Duit:

Download 11 Panduan Ebook RWP –> Fokus Membaca Ebook 1 & 2 (7 Tahapan RWP) –> Selanjutnya ke Ebook 3 (Riset Topik Bisnis) –>Buat Website/Blog–> Promosikan Webbsite/Blog –> Pelayanan Manual/Otomatis –> Terjadi Penjualan/Dapat Duit

Berikut Kelas Bimbel Online dan Tatap Muka RWPgrup:

1. Kelas Jago Konten (JaKon)>>
http://bit.ly/Jagokonten

2. Kelas Buat Website + SEO Google Dasar>>
http://bit.ly/Bwebwordpress

3. Kelas Facebook Ads & Email Marketing>>
http://bit.ly/fbadsem

4. Kelas Bedah Website & SEO Google Mendalam>>
http://bit.ly/seobw

5. Kelas Blog Gratis dgn SEO Menghasilkan duit >> http://bit.ly/bblogkomisi100persen

6. Kelas Google Ads | Bimbel Praktek Pasang Iklan di Google Ads >> http://bit.ly/bimbelgads

Panduan SEO lengkap ala Syamsul Alam :

Syamsul Alam Belajar Bisnis Online dan Internet Marketing.

Demikian ulasan Tehnik Rahasia SEO Website Para Mastah SEO Blogspot dan Worpress , Semoga tulisan ini bermanfaat dan berguna demi meningkatkan kemampuan anda di bidang pembuatan blog dan Optimasi SEO blog baik Blogspot maupun WordPress Selfhost.

 

Salam Sukses,

 

AHMAD BURHAN

——————————

wa.me/6281295435806

Telegram @burhanrengas

IG @Burhanrengas

Facebook : Ahmad Burhan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *